Tim Prodi Fisika

alt

  Jutri Taruna, Ph.D.

   Ketua Program Studi Pendidikan Fisika


Jutri Taruna Menyelesaikan studi S1-nya di  IKIP Jakarta jurusan Pendidikan Fisika; S-2 jurusan fisika murni di Universitas Indonesia dan S3 jurusan fisika nuklir di Florida State University, USA. Selanjutnya ia bekerja sebagai visiting assistant professor di Concordia College USA dimana ia kembali tertarik untuk menekuni riset di bidang pendidikan fisika. Saat ini ia aktif terlibat dalam penulisan modul pembelajaran fisika dan riset untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas belajar fisika siswa.

 

alt

  Anne Meylani Magdalena Sirait, M.Si.

  Sekretaris Program Studi Pendidikan Fisika


Anne Meylani Magdalena Sirait menyelesaikan pendidikan S2 di bidang Geofisika Reservoir pada Universitas Indonesia dan lulus tahun 2009. Bergabung dengan STKIP Surya sejak bulan Juli 2012 sebagai Dosen Fisika. Selain bidang Fisika Anne, sanggat menggemari aktifitas olahraga, jurnalistik dan pencinta alam.

 

 

Prof. Yohanes Surya, Ph.D.

Dosen

Yohanes Surya adalah seorang fisikawan dan pendidik yang sudah memberikan banyak kontribusi untuk pendidikan di Indonesia. Setelah mendapatkan gelar doktor dalam ilmu fisika dari College of William and Mary pada tahun 1994, Yohanes Surya menjadi Consultant of Theoretical Physics di TJNAF/CEBAF (Continous Electron Beam Accelerator Facility) Virginia – Amerika Serikat.

Pulang dari Amerika, disamping melatih dan memimpin Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI), Yohanes Surya menjadi pengajar dan peneliti pada program pasca sarjana UI untuk bidang fisika nuklir (tahun 1995 –1998). Dari tahun 1993 hingga 2007 siswa-siswa binaannya berhasil mengharumkan nama bangsa dengan menyabet 54 medali emas, 33 medali perak dan 42 medali perunggu dalam berbagai kompetisi Sains/Fisika Internasional. Pada tahun 2006, seorang siswa binaannya meraih predikat Absolute Winner (Juara Dunia) dalam International Physics Olympiad (IphO) XXXVII di Singapura.

Yohanes juga merupakan penulis aktif dalam bidang fisika dan matematika. Ada 68 buku sudah ditulis untuk siswa SD sampai SMA. Selain menulis buku, ia juga menulis ratusan artikel Fisika di jurnal ilmiah baik nasional maupun internasional. 

Sejak tahun 2009 Prof. Yohanes Surya bekerjasama dengan pemda daerah-daerah tertinggal mengembangkan matematika GASING (Gampang Asyik dan menyenangkan), dimana anak-anak daerah tertinggal itu dapat belajar matematika dengan mudah. Siswa yang dianggap "bodoh" ternyata mampu menguasai matematika kelas 1-6 SD dalam waktu hanya 6 bulan. Program ini sekarang sedang diimplementasikan diberbagai daerah tertinggal terutama di Papua.

Tahun 2010 Prof. Yohanes Surya mendirikan STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan) SURYA, untuk mencetak guru-guru yang berkualitas dari berbagai daerah tertinggal di Indonesia dan menjabat sebagai ketua STKIP Surya sampai sekarang.

Selengkapnya bisa dilihat di http://www.yohanessurya.com/profile.php
 

alt  Hendra Johnny Kwee, Ph.D.

   Dosen


Hendra Kwee lahir di Palembang pada tahun 1979. Ketertarikannya pada fisika dimulai pada masa SMP.  Pada tahun 1997, beliau berhasil terpilih menjadi anggota Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) untuk mewakili Indonesia dalam International Physics Olympiad (IPhO) ke-28 di Sudbury, Canada. Di sana Hendra meraih Honourable Mention (HM).

Setelah menyelesaikan SMA di tahun yang sama, Hendra melanjutkan studi sarjana di jurusan fisika Institut Teknologi Bandung (ITB) dan meraih gelar sarjana pada tahun 2001. Selanjutnya pendidikan paska sarjananya dilakukan di College of William and Mary dan Hendra meraih gelar Ph.D. pada tahun 2007 dalam bidang fisika material. Semenjak tahun 2008, Hendra mulai menjadi pembina TOFI. Dalam masa pembinaannya sampai tahun 2011, TOFI meraih 14 medali emas, 13 perak, 12 perunggu dan 12 HM.
 

alt

  Agus Purwanto, Ph.D.

   Dosen


Agus sempat menjadi graduate research assistant di Los Alamos National Laboratory, USA selama 3 tahun, melakukan eksperimen dan analisis data difraksi neutron (uranium intermetallics) di Los Alamos, Argonne (USA) dan Chalk River (Canada).  Pada tahun 1996 di New Mexico State University, USA, Agus meraih gelar Ph.D  dalam bidang experimental solid state physics.   Agus melanjutkan bekerja di BATAN, Serpong; beberapa kali menjadi kepala kelompok difraktometer dan spektrometer; setahun (2003-2004) di High Energy Accelerator Research Organization, Jepang sebagai foreign visiting scientist; mengajar paruh waktu di  Universitas Indonesia, Universitas Pelita Harapan dan Unversitas Tarumanagara.  Agus bekerja di STKIP Surya sejak Juli 2010.
 

alt

  Herry Johnny Kwee, Ph.D.

   Dosen


Herry Johnny Kwee, berasal dari Palembang, Indonesia.  Setelah menyelesaikan SMA di Xaverius 1 Palembang pada tahun 1995, Herry melanjutkan kuliah di jurusan Fisika Institut Teknologi Bandung dan mendapat gelar SSi pada tahun 1999.  Selanjutnya Herry melanjutkan sekolah ke Amerika Serikat dan meraih gelar MS pada tahun 2001 dan PhD di bidang fisika pada tahun 2006 dari College of William and Mary di Virginia.

Beberapa penghargaan yang pernah diraih adalah: Honorable Mention di IPhO XXVI di Canberra, Australia dan Southern Universities Research Association Graduate Student Fellowship tahun 2004-2005. Pengalaman kerja Herry: post doctoral research associate di Arizona State University (2006-2008), post doctoral research associate di Florida State University (2008-2010) dan dosen di STKIP Surya (2010-sekarang).
 

alt

  Zainul Abidin, Ph.D.

   Dosen


Zainul menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di SDN 35 Parepare (1994), SMPN 1 Parepare (1997), dan SMUN 2 Tinggimoncong (2000). Ia terpilih mewakili Indonesia di Asian Physics Olympiad ke-1 di Karawaci, Indonesia dan meraih medali perak. Ia juga terpilih mewakili Indonesia di International Physics Olympiad ke-31 di Leicester, Inggris dan meraih Honorable Mention.    
    
Zainul melanjutkan pendidikan sarjana di jurusan Fisika, Institut Teknologi Bandung dan lulus Cum Laude (2004). Tahun 2005, Zainul memulai pendidikan    pasca sarjananya di College of William and Mary, Virginia USA. Fokus penelitiannya adalah fisika partikel energi tinggi. Ia memperoleh gelar Ph.D. pada     tahun 2010. Segera setelah menyelesaikan studi doktoralnya pada tahun 2010, Zainul bergabung dengan STKIP Surya.

Website: http://zainul.people.stkipsurya.ac.id
 

alt

  Jong Anly Tan, Ph.D.

   Dosen


Lahir di Jakarta pada tahun 1981.  Jong menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di SD Budi Bahasa (1993), SMP Budi Bahasa (1996) dan SMAN 78 Jakarta (1999). Ketertarikannya pada fisika dan matematika dimulai saat pertama kali belajar fisika dan matematika di SMP.

Jong melanjutkan pendidikan sarjana di jurusan Fisika, Institut Teknologi Bandung (ITB) dan lulus Cum Laude (2003). Selanjutnya beliau mulai membantu Prof. Yohanes Surya, Ph.D. dalam pembinaan Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) pada tahun 2004. Kemudian beliau  melanjutkan pendidikannya di College of William and Mary, Virginia, USA. Fokus penelitiannya pada fisika teoretik dan energi tinggi.

Sejak tahun 2010, Jong ikut membantu pelatihan persiapan TOFI untuk berlaga di ajang Asian Physics Olympiad (APhO) dan International Physics Olympiad (IPhO). Beliau ikut menjadi observer pada APhO 2004, dan APhO 2010.

Selain aktivitasnya sebagai pelatih TOFI, Jong juga menjadi dosen fisika di Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan Surya (STKIP Surya).

Website: http://jtan.people.stkipsurya.ac.id
 

alt

  Rifki Muhida, Ph.D.

   Dosen


Dr. Rifki Muhida. Setelah lulus S-3 dari Osaka University, Dr. Rifki bekerja sebagai postdoctoral fellow pada Japan Society for the Promotion of Science (JSPS), setahun kemudian dia diangkat menjadi Assistant Professor di Osaka University. Sebelum bergabung dengan STKIP Surya pada Desember 2010, Dr. Rifki menjabat kordinator Mathematical Modeling and Simulation Research Group di International Islamic University Malaysia (IIUM). Hasil risetnya tentang material terkondensasi, selain telah dipatenkan di Jepang, juga telah diterbitkan diberbagai jurnal internasional serta memenangkan medali emas pada Malaysia Technology Expo tahun 2008 (MTE 2008) dan medali perak pada INPEX 2008 di Pittsburgh USA.

Website: https://sites.google.com/a/stkipsurya.ac.id/rifki-muhida/home

alt

  Djukarna, M.T.

   Dosen


Djukarna, lahir di Jakarta pada tahun 1978, lulus dari Jurusan Teknik Mesin Universitas Kristen Indonesia pada tahun 1999, kemudian melanjutkan pendidikan Magister Teknik di Jurusan Mesin Universitas Indonesia pada tahun 2003. Aktif mengajar di Jurusan Mesin FT UKI sejak tahun 2000 hingga tahun 2010 dalam bidang Konversi Energi dan Mekatronika.

Pada tahun 2010 hingga sekarang menjadi dosen tetap di STKIP Surya. Selain mengajar, juga pernah menjadi staf R&D di PT kandel dari tahun 2006 hingga tahun 2008. Bidang penelitian yang sedang ditekuni adalah penelitian energi alternatif.

 

 

alt

  Franky Ali Mallatang Lumbantobing, M.Sc.

   Dosen


Franky Tobing dilahirkan di Tarutung, kab. Tapanuli Utara. Beliau tamat dari SMA Santa Maria Pakkat, lalu melanjutkan studinya di jurusan fisika Institut Teknologi Bandung (2000-2004) dan meraih gelar sarjana dibawah bimbingan fisikawan teoritik dari Papua yang membuana, Hans J. Wospakrik, Ph.D. Selulus dari ITB, bergabung menjadi staf pengajar di SMAK 1 Penabur Jakarta, sekaligus menjadi pembina klub fisika SMA se-Penabur Jakarta (2004-2007). Beliau juga pernah menjadi pengajar olimpiade fisika di Brilliant Class SMAK Penabur Gading Serpong dan berpengalaman melatih tim OSN-Fisika DKI Jakarta.

 
Selama dua tahun (2007-2009) terlibat sebagai pelatih TOFI dan menjadi team leader di APhO 2008 (Mongolia) dan APhO 2009 (Thailand) serta di IZhO 2009 (Kazakhstan). Pada tahun 2009 menerima beasiswa S2 dari pemerintah Rusia. Setahun pertama ditempuh di fakultas persiapan bahasa rusia di Voronezhskii Gosudarstvennyi Universitet, kemudian masuk program master di jurusan fisika teoritik Rossiiskii Universitet Druzhby Narodov (RUDN) dan lulus pada tahun 2012. Sejak September 2012, beliau bekerja di prodi fisika STKIP Surya. Selain menekuni fisika, beliau sangat hobbi bermain sepakbola dan musik.
 

alt

   Marliana, MSi.

     Dosen


Setelah lulus S1 jurusan Fisika di Universitas Riau sebagai Lulusan terbaik di Fakultas MIPA tahun 2001 langsung bekerja sebagai asisten Istri Bupati Kabupaten Pelalawan di Riau. Tahun 2003 bergabung dengan YS Group (Yohanes Surya Group) sebagai Editor dan penulis buku-buku sains dan matematika. Tahun 2008 resign dan melanjutkan S2 di UI sampai selesai tahun 2010. Setelah selesai S2 langsung  bergabung lagi di YS Group sebagai pengajar di SIP (Surya Intensif Program).

Bergabung di STKIP Surya mulai 2 Juli 2012.

alt

Agus Rohman M.Pd.

Dosen


Lahir di Gresik, Jawa Timur. Setelah lulus dari SMAN 1 Gresik, Agus Rohman melanjutkan studi sarjananya bidang Pendidikan Fisika di Universitas Negeri Surabaya dan lulus pada tahun 2009. Agus memperoleh gelar Magister Pendidikan pada tahun 2012 di universitas yang sama.   Selama masa kuliah aktif di berbagai kegiatan kemahasiswaan dan menjadi asisten laboratorium fisika dasar di Unesa. Selama 4 tahun menjadi tutor  fisika dan matematika di salah satu lembaga bimbingan belajar di Surabaya. Bergabung di STKIP Surya pada tanggal 3 September 2012. Aktivitas yang dilakukan sekarang adalah Membaca, Menulis, dan Meneliti. Minat penelitian dalam bidang pendidikan khususnya dalam pengembangan perangkat pembelajaran, keterampilan proses sains, dan berpikir kritis.

alt

   Jayus Riyadi S. M.Pd.

     Dosen


Jayus Riyadi S, berasal dari Indramayu, Jawa Barat.  Setelah menyelesaikan studi di SMAN 1 Kandanghaur pada tahun 2005, ia melanjutkan kuliah di jurusan Pendidikan Fisika di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dan langsung melanjutkan S2 di tempat yang sama. Bergabung dengan STKIP Surya sejak Oktober 2012 sebagai dosen Fisika. Sebelumnya Jayus pernah mengajar di SMA Nusantara I Bandung, STKIP AL- Amin, UT dan Universitas Pangeran Dharma Kusuma.  Selain Fisika dan Pendidikan, Jayus juga seorang olahragawan, petualang, trainer and motivator, kaskuser, dan magician. 

 

alt

   Murni, M.Pd.

     Dosen


Murni menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Sebelas Maret program studi Pendidikan Fisika pada tahun 2010. Pada tahun yang sama, melanjutkan studi di Universitas Negeri Yogyakarta jurusan Pendidikan Sains konsentrasi Pendidikan Fisika, dan lulus pada bulan September 2012 dengan predikat cumlaude. Sebelum bergabung dengan STKIP Surya, bekerja di salah satu Lembaga Bimbingan Belajar di Surakarta selama dua tahun dan menjadi Guru Fisika di salah satu sekolah swasta di Yogyakarta. Murni bergabung dengan STKIP sejak 11 Februari 2013.

Penelitian yang pernah dilakukan adalah penelitian dalam bidang pendidikan yaitu pembelajaran discovery dan inquiry, pembelajaran dengan Learning Cycle Hipotetikal Deduktif, Critical Thinking, dan Process Science Skill. Program pengabdian masyakarat pun banyak dilakukan di berbagai daerah di Surakarta, salah satu judulnya adalah " Pemberian Les Gratis Mata Pelajaran Sains di SD Bulukantil 02 Ngoresan Surakarta" dan "Pembuatan Nata de Aloe sebagai Makanan Alternatif di Desa Nguter Sukoharjo"

alt

  Anik Yuhana, S.Pd.

   Asisten Dosen


Anik lulus program Sarjana Pendidikan Fisika dari Universitas Negeri Surabaya di tahun 2009. Setelah mengajar di lembaga pendidikan sejak 2004 dan mengabdi di beberapa sekolah sejak 2007, akhirnya Anik bergabung dengan STKIP Surya pada 01 Juni 2010.


 

alt

  Austhin Viellyani Ndolu, S.Pd.

   Asisten Dosen


Austhin Viellyani Ndolu dilahirkan di Kambaniru, 03 September 1988 oleh pasangan Petrus Elohiab Ndolu dan Aleta gaina. Austhin merupakan anak pertama dari 5 bersaudara. Gelar sarjana ia peroleh dari Universitas Kristen Satya Wacana pada bulan Maret 2011 dan kemudian segera bergabung di STKIP SURYA pada April 2011.

 

 

alt

 Ester Fatmawati., S.Pd

   Asisten Dosen


Ester Fatmawati dilahirkan di Semarang, Jawa Tengah pada tanggal 26 Maret 1988. Bungsu dari 4 bersaudara ini menyelesaikan jenjang SI di Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga pada bulan Maret 2012. Semasa kuliah Ester dipercaya sebagai asisten matakuliah Optika Geometri dan aktif dalam organisasi mahasiswa. Pada tahun 2011 penelitiannya berjudul “Uji Kandungan Formalin dalam Bakso Menggunakan Gelombang Ultrasonik” yang termuat dalam Jurnal PKM 2011 berhasil didanai oleh Dikti. Setelah resmi mendapat gelar, tepatnya tanggal 15 Maret 2012 Ester resmi bergabung dengan STKIP SURYA .

alt

    Henni Sitompul, S.T.

    Asisten Dosen


Henni sitompul, Menyelesaikan strata 1 dari Jurusan Fisika Instrumentasi di Universitas Sumatera Utara (USU) pada tahun 2009, selama kuliah aktif dalam organisasi mahasiswa dan dipercaya menjadi asisten laboratorium elektronika lanjutan. Setelah lulus kuliah bergabung dengan Komunitas Pengembangan Olimpiade Sains dan Pengembangan Tenaga pendidik Indonesia (KPOSTPI) di Medan, Sumatera utara. Kemudian mengajar di salah satu bimbingan eksakta yang ada di Jakarta hingga akhirnya bergabung dengan STKIP SURYA pada tanggal 18 Juni 2012.

alt

    Fransisca Harumning Tyas, S.Pd

    Asisten Dosen


Fransisca Harumning Tyas lahir di Bogor pada tanggal 3 Maret 1990. Anak sulung dari dua bersaudara ini telah menempuh pendidikan di TK - SMP Mardi Yuana Cibinong, SMA Regina Pacis Bogor dan menyelesaikan jenjang S1 di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta program studi Pendidikan Fisika pada bulan Juli 2012. Selama kuliah aktif dalam kegiatan organisasi maupun kepanitian. Sangat tertarik dengan bidang pengembangan metode dan media pembelajaran fisika berbasis blog. Bergabung dengan STKIP SURYA pada tanggal 1 Oktober 2012 sebagai tutor fisika. 

 

 

Kembali

STKIP Surya Web Server System - Powered by FreeBSD - Nginx - NoSQL